Produk Fauzia Bakery :
Home / Makanan / Menerima Pesanan Roti Buaya Khas Betawi ala Fauzia bakery

Menerima Pesanan Roti Buaya Khas Betawi ala Fauzia bakery

loading...

Fauzia Bakery Menerima Pesanan Roti buaya khas Betawi berbagai ukuran atau selera anda , setiap ukuran tentunya harga berbeda. untuk harga seperti foto di bawah ini buaya jantan  Rp 150.000 .

Untuk harga sepasang jantan betina harga Rp 300.000

harga 125, 000 tidak ada isi nya

untuk yang isi , berisi coklat , keju atau coklat keju ( campur ) tergantung selera

Jika anda berminat pesan roti buaya silahkan tlp ke nomer kami di atas agar pemesanan anda lebih jelas dan detail baik harga maupun ukuran. untuk wilayah yogyakarta sekitar akan kami antar ke rumah anda.

Untuk Pemesanan lebih detail, anda bisa hubungi kami di:
No HP,SMS/Whatsapp/ Line : 081229569432
PIN BB: D77585F0
TLP Rumah : 0274 – 4541818
Facebook: Fauziah Rahma
Alamat:
Perumahan pertamina Blok G8 Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

Sejarah Roti Buaya :

Roti Buaya Khas Betawi Suku Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dengan pasangannya; karena itu roti ini dipercaya melambangkan believe kesetiaan dalam perkawinan. Pada saat pernikahan, roti diletakkan di sisi mempelai perempuan dan para tamu kondisi roti ini melambangkan karakter dan sifat mempelai laki-laki.  Buaya secara tradisional dianggap bersifat sabar (dalam menunggu mangsa).Selain kesetiaan, buaya juga melambangkan kemapanan. Akan tetapi kini dalam simbolisme budaya modern, makna buaya berubah menjadi hal yang buruk, misalnya buaya judi, buaya minum (pemabuk) dan buaya darat (orang yang mata keranjang.

Berikut cerita singkat tentang roti buaya khas betawi , Dalam upacara pernikahan Betawi, roti buaya selalu hadir sebagai bagian kelengkapan. Roti tawar berbentuk sepasang buaya ini mengandung makna kesetiaan. Karena itu pula roti ini disimpan oleh pengantin. Tidak dimakan apalagi dibagikan pada tamu.

Buaya sendiri telah menjadi hewan yang dianggap suci oleh orang Betawi sejak zaman leluhur. Menurut JJ Rizal, ahli sejarah yang berdarah Betawi, seekor buaya hanya mempunyai satu pasangan seumur hidupnya. Atas kepercayaan inilah, orang Betawi menggunakan buaya sebagai perlambang kesetiaan. Dalam perikahan diharapkan agar pasangan saling setia.

“Sayang, pernikahan adat Betawi dulu dan sekarang jauh berbeda. Dulu, roti buaya sengaja dibuat sekeras mungkin, semakin keras roti, semakin baik kualitas roti tersebut. Tujuan sebenarnya dari pembuatan roti buaya ini bukan untuk dimakan,” kata JJ Rizal.

Menurut pria lulusan Universitas Indonesia ini, roti buaya akan dipajang di tengah-tengah ruangan hingga acara pernikahan selesai. Setelah itu, roti tersebut akan ditaruh di atas lemari pakaian di kamar pengantin. Karena roti buaya tersebut keras dan tidak punya rasa, roti ini pun akan tahan lama.

Kualitas roti buaya yang tahan lama dilihat dari keras tidaknya roti. Roti buaya akan dibiarkan hingga hancur dan berbelatung di atas lemari.

“Inilah yang menjadi perlambang bahwa dua roti buaya simbol suami istri tersebut hanya bisa dipisahkan oleh maut, oleh raga yang sudah berbelatung.Nah, zaman sekarang filosofi seperti ini sudah mulai ditinggalkan. Jika kalian memesan roti buaya, yang membuat malah balik bertanya, mau isi cokelat atau keju. Padahal hal ini sudah menyalahi adat sebenarnya,” tambah pendiri Kominitas Bambu ini.

Tak hanya isian, roti buaya zaman sekarang teksturnya jauh lebih lembut, juga ditambah dekorasi tempelan cokelat atau kismis. Padahal dulu roti buaya sangat berat seperti batu dan polos begitu saja.

Roti buaya di pernikahan Betawi zaman sekarang akan dibagi-bagikan kepada para tamu apabila acara pernikahan sudah selesai. Sedangkan kedua mempelai tidak membawa roti tersebut ke kamar tidur mereka. Para tamu yang datang juga akan menikmatinya dengan mencelupkannya ke dalam sirop.

“Hal ini sudah keliru, tapi tetap dibiarkan. Simbol kesetiaan itu sebenarnya tidak boleh sama sekali dimakan, mengingat buaya adalah hewan suci. Hingga sekarang, masih ada beberapa orang yang nganca, atau menganca, yaitu memberikan sesajen kepada leluhur buaya di kali atau sungai di Jakarta,” sambung Rizal.

 Sumber: food.detik.com

loading...

Yang paling sering di cari:

harga roti buaya 2016,harga roti buaya,harga roti buaya khas betawi,harga roti buaya di mayestik,cetakan roti buaya,resep roti buaya ncc,jual roti buaya,harga roti buaya sepasang

Comments

comments

About Fauzia Bakery

2 comments

  1. Alhamdulillah…sejak saya kursus aneka cakes dan roti manis di fauzia bakery, orderan cake dan roti makin banyak. Terimakasih fauzia bakery….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: