Resep dan Cara Membuat Kue Cubit

loading...

Hmmm ada yang request minta Resep Kue Cubit, baiklah Fauzi bakery mempersembahkan  spesial buat bunda. Cara membuat kue cubit  khas Bandung ini sangat muda dan praktis. Mendengar namanya jadi ingin tertawa sendiri. Apa kue itu keluar ketika kita mencubit seseorang? hahaha. Hal itu pasti tidak mungkin. Kue cubit ini merupakan salah satu jajanan khas tradisional Bandung. Dan cukup ngehits dan terkenal bukan hanya di Bandung, tapi juga di Jakarta dan di Jogja.

Kalau soal penamaannya ada berbagai pendapat. Ada yang mengatakan saat proses pembuatannya dipanaskan pada cetakan, setelah matang diambil dengan menggunakan tusuk lidi atau bisa menggunakan penjepit. Namun, bagaimanapun asal penamaannya yang penting rasanya lumer di mulut :).

Rasa yang manis dan taburan mesies diatasnya menjadi ciri khas si kue imut, kue cubit. Orang bandung memang lah sudah tidak asing mengenal betul kue cubit. Pada proses pembuatannya nanti ada 2 macam, kue cubit setengah matang dan matang. Yang setengah matang ini justru malah banyak penggemarnya. Mungkin teksture yang lembut dan melumer di mulut ini lah yang menjadi daya tarik penggemar.

Kue Cubit Bandung termasuk jajanan kue basah yang menjadi idola anak-anak dan orang tua. Seperti kita ketahui Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat dan sekaligus menjadi ibu kota provinsi. Kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya yang memiliki banyak makanan tradisional. Salah satunya adalah Kue cubit yang empuk, enak, dan lezat.

Tapi jangan salah, bukan hanya anak-anak yang gemar menikmati si kue kecil mungil ini, remaja, dewasa bahkan orang tua pun juga menggemarinya. Indonesia memang tidak bisa jauh-jauh dari rasa manis, hampir sebagian besar penduduknnya menyukai berbagai aneka kue yang memiliki rasa manis.

Kue cubit ini memiliki rasa yang manis, bentuknya begitu menarik perhatian setiap orang, wajar saja jika begitu banyak yang menyukai. Sering kali kita melihat gerobak-gerobak yang menjual kue cubit di jalanan sekitar bandung penuh sesak oleh pembeli, karena cukup laris.

Taburan cokelat mesies diatas kue, merupakan salah satu ciri khas si kue imut, kue cubit. Ada beberapa varian dalam proses pemasakannya, yaitu setengah matang dan matang penuh. Varian setengah matang ini justru malah banyak penggemarnya, hal itu dikarenakan sensasi kenikmatan yang dihasilkan begitu menarik.

Adonan bagian atasnya nanti akan terasa sedikit lebih cair, manis, hangat, dan tentunya rasa tepung terigu masih terasa. Puncak dari kenikmatannya itu saat di gigit … hmmm .. nyuss.. lembut di mulut, melumer banget tentunya bikin tambah ngiler. Penasaran kan dengan cara pembuatannya, yuk langsung saja baca Resep Cara Membuat Kue Cubit Enak dan Empuk Ga Pake Ribet!

Tidak hanya menjadi makanan popular di bandung, kue cubit juga banyak digemari di daerah Jakarta dan sekitarnya. Sore hari di pinggiran kota kita tentu akan melihat banyak gerobak yang menjajakan kue cubit, baik yang matang atupun setengah matang. Tinggal kita memilih, gerobak mana yang ingin kita nikmati kue cubitnya, tapi itupun terkadang di hari-hari tertentu saja.

Kita bisa menikmati rasa manis di setiap gigitan kue cubit, nantinya setelah menikmati potongan pertama timbul lagi keinginan untuk menikmati potongan kedua, ketiga bahkan kita tidak akan sadar bahwa yang di pegang saat itu menjadi potongan terakhir. 🙂

Asal Muasal Kue Cubit

Asal penamaan dari si kue cubit ini mungkin karena si kue memiliki ukuran yang kecil dan ketika mengambil kue ini dari cetakan memerlukan alat seperti tusuk lidi atu penjepit, iya seperti halnya mencubit. Berbeda orang maka berbeda pula pendapatnya, kalau kata sebagian orang dinamakan Kue Cubit karena pedagang ketika memberikan kepada kue cubit kepada pembeli dengan cara di dijepit.

Kue cubit bisa dikatakan menjadi makanan yang sudah langka di kota kembang bandung. Hal ini terjadi karena penjual kue cubit berjualan tak menentu, namun terkadang sering kita temui di sekolah dasar yang berada di bandung.

Yang mengaku anak bandung, atau bukan hanya anak bandung lebih tepatnya seluruh penduduk Indonesia tidak ada salahnya jika kita tetap melestarikan kue cubit dengan membuatya, bukan sekedar menikmati saja. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan salah satu makanan khas dari kota bandung? Terutama untuk kita generasi penerus bangsa.

Berapa Harga Pasaran Kue Cubit?

Untuk harga dari kue cubit ini bisa dikatakan murah, tapi beda penjual beda pula harga yang dibandrol, iya beraneka ragam,. Ada penjual kue cubit yang membandrol harga per 11 biji seharga 10 ribu rupiah, ada juga yang menjual dengan harga 7 ribu untuk 6 biji.
Waktu Pembuatan Kue
Dalam proses pembuatannya nanti kita perlu menyiapkan sedikit waktu yaitu :

  • 20 menit menyiapkan bahan
  • 20 menit proses pembuatan

Peralatan yang Dibutuhkan
Ada beberapa alat yang di butuhkan diantaranya :

  • Wadah
  • Mixer
  • Cetakan
  • Kuas untuk mengolesi cetakan


Kembali ke cara membuat kue cubit. Tentunya untuk mendapatkan kenikmatan kita harus memilih bahan yang berkualitas, dan paling penting takaran yang akan kita gunakan nanti harus pas. Bahan pembuatannya hampir sama dengan kue jajanan yang lain, untuk lebih jelasnya kita intip di bawah ini :).

Bahan Kue Cubit:

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • keju parut dan coklat meses secukupnya

Sedikit Tips Membuat Kue Cubit yang Lembut :

  1. Usahakan gula benar-benar larut supaya teksture kue cubit menjadi lembut
  2. Gunakan wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  3. Cetakan di sesuaikan dengan keinginan

Cara Membuat Kue Cubit Enak dan Empuk :

  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk.
  3. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  5. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan.
  6. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan.

Porsi :

  • Untuk cetakan kecil, biasanya jadi 15-20 biji.
  • Jika cetakannya besar, mungkin bisa kurang dari itu.

Saran Untuk Menyajikan :

  • Sajikan di sebuah piring datar.
  • Jika memiliki sisa keju parut taburi di atas kue cubit supaya lebih nikmat dan menarik.

Tidak sulit bukan? silahkan di praktekan di rumah anda.. Bahkan cenderung sangat mudah. Ini merupakan salah satu kekayaan dari segi makanan di Indonesia. Sudah selayaknya kita jaga dan melestarikan. Bukan hanya sekedar menikmati tapi juga mencoba membuatnya sendiri di rumah..Selamat mencoba para bunda bunda….

Tidak mau ribet di dapur, Fauzia bakery menerima pesanan.silahkan hubungi no telepon kami untuk bertanya tanya terlebih dahulu

loading...

Yang paling sering di cari:

harga cetakan kue cubit di pasar,harga cetakan kue cubit di pasaran,harga kue cubit solo

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.