Produk Fauzia Bakery :
Home / Tips / Tips Melangsungkan Prosesi Pernikahan dalam Dua Adat

Tips Melangsungkan Prosesi Pernikahan dalam Dua Adat

loading...

Tips Melangsungkan Prosesi Pernikahan dalam Dua Adat

Seperti yang kita tahu, Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan adat istiadatnya. Hal ini berimbas pada banyak hal dalam keseharian masyarakatnya, termasuk dalam prosesi pernikahan.

Tak jarang, pasangan dibuat kewalahan dengan beragam tradisi dalam prosesi pernikahan mereka, terlebih jika mereka berasal dari dua suku yang berbeda. Nah, untukmu dan pasangan yang mau tidak mau diharuskan menjalankan dua tradisi sekaligus, kali ini Catering Yogya akan memberikan tips agar semuanya dapat tetap berjalan lancar:

1. Siasati Jadwalnya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menyelenggarakan prosesi nikah dalam dua tradisi tentu lebih merepotkan dibanding satu tradisi. Hal ini jelas, sebab perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan pun akan jauh lebih banyak.

Untuk itu ada baiknya menyiasati jadwal prosesi-prosesi yang harus dilakukan dengan memberi jeda waktu. Dengan adanya jeda, adat yang ditampilkan pun akan lebih jelas.

sungkeman1

2. Siasati Dekorasinya

Ketika menyelenggarakan resepsi pernikahan dengan dua adat yang berbeda, akan lebih baik bagimu untuk mempersiapkan perlengkapan dan dekorasi dengan seksama. Ambil beberapa item atau aksesoris yang mewakilkan kedua adat tersebut. Misalnya saja dengan dekor daun kelapa muda pada pintu resepsi pernikahan. Dengan begitu akan menunjukkan kesan adat Jawa.

Kemudian, hiasi tata lampu atau dekor pada kursi pengantin dengan adat yang lainnya. Jadi, dengan melakukan hal tersebut dua adat pernikahan yang berbeda dapat disatukan. Resepsi pernikahan pun juga akan lebih terlihat sakral dan semarak.

3. Persiapan Pertunjukkan

Di setiap adat dari daerah selalu membawa musik atau tarian yang berbeda-beda. Jika hal itu juga menjadi salah satu dari acara resepsi pernikahanmu, lebih baik kamu mengaturnya dengan jelas, Dear.

Selain tiga hal tadi, jangan lupa untuk memberi penjelasan yang mudah dimengerti pada semua pihak yang terlibat ya, Dear. Ini penting untuk menghindari terjadinya miss komunikasi dan “tabrakan-tabrakan” selama prosesi pernikahan berlangsung.

loading...

Comments

comments

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: