Produk Fauzia Bakery :
Home / Kuliner / Yummy! Ini Dia Hidangan Pernikahan Khas Jogja!

Yummy! Ini Dia Hidangan Pernikahan Khas Jogja!

loading...

Yummy! Ini Dia Hidangan Pernikahan Khas Jogja!

Sejak dulu Indonesia terkenal sebagai negeri yang kaya akan potensi wisata, baik itu wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Bagaimana tidak? Luas wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke dan beragam suku yang ada di dalamnya memang memiliki tradisi dan adat masing-masing yang tentunya memperkaya khasanah bangsa, termasuk dalam hal hidangan pernikahan tradisional.

Ya, tak lengkap rasanya ketika pernikahan dengan konsep tradisional tidak menghadirkan hidangan pernikahan khas daerah yang diangkat. Nah, berbicara soal hidangan pernikahan, kali ini perempuan.com akan mengajakmu mengenali beberapa hidangan pernikahan tradisional khas kota pelajar, Yogyakarta. Langsung aja yuk!

catering yogya

1. Kambing Guling
Kambing guling menjadi hidangan tradisonal pertama yang haram absen dalam pesta pernikahan adat Jogja karena dianggap menjadi ciri khas pernikahan tradisional adat Jogja. Biasanya, hidangan ini akan disajikan bersama dengan paduan kare kol dan sayuran yang menyegarkan.

Begitu khasnya, hidangan ini sampai tak boleh absen dari hidangan di royal wedding putri Sultan Jogja beberapa waktu lalu.

2. Gudeg Manggar
Bagi para pecinta kuliner, gudeg pastinya sudah menjadi hidangan yang tak asing lagi. Ya, makanan khas dari Kota Pelajar ini memang selalu berhasil menempati top of mind makanan khas Jogja bagi mayoritas orang yang pernah berkunjung ke sana.

Nah, berbeda dengan gudeg biasa yang terbuat dari nangka, untuk hidangan pernikahan biasanya gudeg manggar yang menjadi pilihan. Gudeg manggar sendiri secara umum memiliki citarasa yang sama dengan gudeg nangka, yang membedakannya adalah bahan yang dijadikan gudeg yakni manggar, alias bunga kelapa.

3. Dendeng Adi
Dari namanya terdengar seperti masakan Padang ya, Dear. Eits, tapi kita perlu tahu bahwa nyatanya bukan hanya Padang yang punya dendeng. Yup, sebagai kota yang kaya akan kuliner istimewa, Jogja pun tak mau kalah dan memiliki dendeng khasnya sendiri yang disebut dendeng adi .

Jika dendeng Padang lebih menitikberatkan pada bumbu cabai hijau atau merah, bumbu utama yang dipergunakan dalam hidangan dendeng adi khas Jogja adalah kluwih.

Nah, itu dia beberapa makanan khas yang tak boleh absen dari hidangan pernikahan khas Jogja. Biasanya hidangan-hidangan di atas akan ditemani oleh minuman tradisional yang juga khas Jogja, seperti es camcao, wedang secang, wedang ronde, hingga lemon jahe.

loading...

Comments

comments

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: